Pages

Friday, June 30, 2017

Hongdae, Pintunya Seoul


Gue heran kenapa orang Indonesia kalo wisata belanja taunya cuma Myeongdong, Dongdaemun sama Namdaemun. Kalo nongkrong yang atas dikit, baru kesebut Gangnam. Terus kalo makan, yang mau makan halal suka pada ke Itaewon. Yak, padahal ada kompleks yang semua ada di Hongdae.

Hongdae sebenernya adalah area universitas yang terkenal dengan fakultas seninya. Yuhuu, area disekitarnya jadi kerasa hip hip anak muda gitu. Dikalangan lokal, Hongdae terkenal buat nongkrong dan street performancenya. Dikalangan turis? Nah, ga banyak yang tau. Padahal best banget.

Hongdae adalah pintu pertama lo masuk ke Seoul. Dari Incheon, lo tinggal naik Airport Express dan turun di stasiun Hongik University. Gamau naik kereta karena capek jalan naik turun? Ada kok bis dari airport langsung ke Hongdae. Barang bawaan banyak? Jangan khawatir. Lo bisa titipin di loker yang ada di stasiun Hongdae. Atau kalo udah ditengah kota pun, Hongdae ini bisa diakses dari 3 line kereta, termasuk Line 2 yang paling gaul karena banyak tempat wisata. Nah pertanyaannya, setelah sampe stasiunnya, kemana dong?

Pintu menuju hipnya Hongdae
Exit 9! Ini legendaris buat janjian dengan siapapun ditengah keramaian Hongdae. Eits, jangan pikir karena KFCnya! Soalnya kalo belok ke kiri dari exit 9 langsung ke pusat Hongdae. Kalo lurus terus ke kiri, juga bisa ke keramaian yang lain. Tapi kalo punya banyak barang dan males banget naik tangga, silahkan ke Exit 8 yang ada eskalatornya.

Explore bisa langsung dimulai. Baru nyampe pasti laper kan? Gue rekomen buat cobain jajanan Korea langsung. Kalo datengnya sore, disekitar exit 9 banyak yang jual gorengan (twigim). Kalo datengnya siang, tetep jangan tergoda KFC! Cobain restoran-restoran yang ada di sekitar. Hongdae emang gak popular-popular amat dikalangan turis Asia Tenggara. Tapi pilihan makanan tersedia dalam Bahasa Inggris dan yang halal juga banyak kok. Atau kalo mau familiar taste, bisa mampir ke toko ayam goreng ala Korea.

Shopping!

Buat cewe-cewe yang diet atau males makan, bisa langsung mulai shopping. Di Hongdae ini best banget buat beli pakaian model terkini dengan harga miring. Patokannya di sebelah Bershka ada gang. Nah ga perlu nawar, karena harganya langsung dibandrol. Kalo gue sih ga pernah beli yang diatas 20 ribu. Toh banyak yang 6000, 10000 atau 15000an. Ga suka dengan gaya Korea? Masuk H&M, Forever21 atau Bershka aja! Harga tetep lebih murah dari Indonesia.

Area terbuka di Hongdae

Gimana kabarnya dengan mas-mas, adek-adek, bapak-bapak yang gamau shopping? Jangan khawatir. Asalkan cuaca bagus, bisa nunggu sambil melihat suasana hidup anak muda Seoul di open space yang banyak tersedia di Hongdae. Sore ke malem, banyak street performers disini. Ga cuma nyanyi tapi juga ngedance dan sebagainya. Ga kalah lah sama kualitas Kpop. Kalo ujan? Bisa ngafe dong.

Cozynya Information Center
Jauh-jauh ke Korea, ngafe? Eh, ngafe di berbagai kafe cute di Hongdae ini beda. Ada banyak tema aneh-aneh disini. Yang gue denger ada kafe kambing?! Cuma jangan ekstrim-ekstrim amat lah. Kafe kucing, anjing atau sekedar coffee shop biasa berjamuran disini. Berikutnya kalo bingung mau kemana, gak perlu pusing! Ada dua tourism center di Hongdae. Yang pertama punyanya Seoul dan yang kedua punya Mapo-gu. Gue udah coba ke Information Centernya Mapo-gu dan mbaknya fluent Bahasa Inggris kok. Tempatnya juga luas dan nyaman, dilengkapi dengan free wifi kenceng. Boleh bangeeeet numpang wifian sambil tanya-tanya destinasi berikutnya.


Mapo Tourist Center juga bisa rekomendasiin tempat-tempat yang mungkin lo ga kepikiran. Bisa juga beli Discover Seoul Pass disini, akses serbaguna ke berbagai tempat menarik di Seoul. Harganya worth banget sama benefitnya. Kalo udah gini, Hongdae bukan cuma tempat transit atau pintu masuknya Seoul, tapi juga bisa lo masukin sebagai destinasi utama yang must-visit!

Tunggu apalagi, jangan lupa stop di Hongdae sebelum mulai perjalanan lo di Seoul!

3 comments: