Pages

Thursday, May 3, 2018

Kamera Tersembunyi, Musuh di Korea

Bukan rahasia lagi bahwa Korea memang sangat akrab dengan kamera tersembunyi. Ada banyak penyalahgunaan kamera ditempat umum dan bisa ditebak, tujuan utamanya adalah untuk mengusik privasi orang alias NGINTIP!

Agustus tahun lalu, Presiden Korea menyerukan untuk menambah effort demi mengurangi dampak negatif hidden camera melalui biro persnya. Lo bisa liat beritanya disini. Selama 50 hari, tepatnya 1 July sampai 20 Agustus, ada 983 orang terkena kasus kamera tersembunyi. Sebel banget kan, hampir seribu karena musim panas anggapannya cewe-cewe pada berpakaian minim. Liat beritanya disini. Statistik lengkapnya ada disini.

diambil dari KoreaTimes
Pusing. Meski gue rasa gue bukan target karena orang sini punya standar kecantikan sendiri, gue tetep pusing.

Gue gatau isunya seserius apa sampe gue menemukan sign ini saat gue balik ke sekolah tahun 2018.

Sign di toilet KUBS
Font yang besar artinya "Dapat digunakan dengan aman" dan font Korea yang kecil "Sudah dicek dari kamera tersembunyi yang melanggar hukum". Stiker ini dipasang dipintu toilet cewe oleh BEM Fakultas Bisnis ke 51 dan "Orang-orang yang merasa terganggu" alias 불편한 사람들. Di stiker sih dibilang katanya bisa dicek cerita-cerita dari kaum yang merasa terganggu di Facebook.

Ini mengingatkan gue pada berita yang mengatakan bahwa universitas emang sasaran empuk kamera tersembunyi. Gue kira cuma di Ewha aja. Issue ini udah lama ada Ewha, setidaknya sejak gue datang ke Korea. Gue bisa paham karena itu universitas khusus perempuan. Gue lupa anak-anak di sekolah gue juga jadi sasaran predator... Hmmm.

Inilah mengapa HP di Korea ga bisa dimatiin bunyi shutter click kamera HPnya. Soalnya banyak penyalahgunaan. Ini juga alasan kenapa gue gamau beli HP di Korea. Ga kece kan punya iPhone dengan suara kamera nyaring. Anyway! Selalu waspada dimanapun dan kapanpun. Be alert!

No comments:

Post a Comment