Pages

Tuesday, November 15, 2016

Cheonggyecheon History Tour

Hampir setiap turis dan resident pasti pernah denger Cheonggyecheon, area revitalisasi sungai yang terkenal banget di Seoul karena cantik dan letaknya di tengah kota. Tapi ga banyak yang tau kalo Cheonggyecheon panjang banget, bisa disusuri sambil jalan kaki dan sebenarnya ada museum khususnya.

Gue adalah salah satu fans Cheonggyecheon karena letaknya yang nyambung sama stream yang deket sekolah gue. Nyambung tuh maksudnya kurang lebih 6 km, so kalo lo mau jalan kaki sih 2 jam juga hahaha. But anyway, menyenangkan kok jalan di Cheonggyecheon.

Nah pada suatu sore yang random, gue memutuskan untuk jalan bersama AskCulture. Guide gue hari itu namanya Kak Minju. Kita ketemuan di Yongdu Station, line 2. Gue pernah hidup setaun di line 2, udah khatam muterin line 2 tapi gue gak pernah denger tuh Yongdu Station... 

Ternyata adanya di extension dari Seongsu gitu. Ribet deh kalo naik subway. Lagipula dari sekolah gue cuma 15 menit naik bis. First impression gue dari Yongdu-dong: residential area banget, ga ada kepikiran deh turis-turis main kesana.


Ada beberapa bangunan perkantoran, tapi lebih banyak rumah-rumah yang isinya lansia. Gue rasa mereka udah tinggal disana sejak puluhan tahun lalu gitu.

experience house
Dari Yongdu Station exit 5, kita jalan ke arah Cheonggyecheon Museum. Jujur, gue bahkan gak pernah tau ada museum khusus buat Cheonggyecheon. Museumnya juga keliatan besar, ga asal-asalan. Tapi sebelum masuk museum, kita ke rumah kuno yang dijadiin pusat experience dulu. Letaknya bener-bener ada di sebrang Cheonggyecheon Museum.

Kecil. Terkesan ga ada apa-apa. Gue rasa masuk situ 10 menit juga beres. Tapi ternyata salah, saudara-saudara.

ruang belajar puluhan taun lalu
kedai kopi jaman dulu pake LP
Ada beberapa ruangan di experience house itu. Ruang pertama isinya barang-barang jaman dulu dan komik dari beberapa dekade lalu. Terus ada ruangan belajar lesehan, lengkap dengan propnya.Geser dikit, ada kedai kopi jadul lengkap sama music boxnya. Jadi katanya dulu ada DJnya gitu, terus lo bisa request mau lagu apa, ntar disetelin kalo mereka punya LPnya.

LP di plafon

Nah koleksi LPnya ditempel di dinding dan di langit-langit kedai kopi ini. Asli tapi gue gatau sih didalemnya ada isinya apa nggak hahahah.

Di sebelah kedai kopi, ada toko jadul yang jual jajanan dari jaman dulu. Ada beberapa yang mirip sama jajanan SD gue. Sayang gue cuma ambil video, bukan foto. Nanti gue update.

KELAS JAMAN DULU
Ruang terakhir yang paling seru: KELAS JAMAN DULU. Yay gue agak gak santai soalnya gue rasa gue TK dan SD aja masih begini kok. SMA gue masih pake kapur malahan....

Ini cute banget soalnya semua mini, padahal ceritanya buat kelas 5 SD! Gue kelas 5 SD udah grown up banget loh.... Konon sih kata Kak Minju, dulu anak-anaknya kan miskin dan kurus, jadi badannya kecil-kecil banget. Make sense.

pose dengan seragam
Ada banyak barang-barang menarik di kelas ini. Kaya piano kecil, tas dan ijazah jaman dulu sampe sempoa. Gue kira sempoa itu barang modern, ternyata nggak.



Gue menghabiskan hampir setengah jam disini karena ada Aunty super baik yang setia foto-foto kita. Waktu gue dateng, cuma ada Aunty itu dan anaknya. Doi volunteer jaga disana, super ramah dan informatif makanya sampe gue ajak foto bareng.

Setelah dari experience house, kita pun nyebrang ke Cheonggyecheon Museum! 

Masuknya dari eskalator outdoor, karena museumnya dimulai dari lantai 2. Totalnya ada 4 ruangan galeri permanent dan bentuk showingnya spiral gitu, jadi endingnya di lantai 1. Gratis gak pake tiket dan super informatif karena ada caption Bahasa Inggrisnya.

Ruangan pertama gak gitu menarik buat gue, soalnya isinya tentang jaman ratusan tahun lalu, sebelum Kota Seoul modern, tepatnya waktu masih kerajaan Joseon. Ruangan (atau lebih tepatnya exhibition kali ya) kedua, isinya tentang Cheongggyecheon Stream di jaman penjajahan Jepang. Mulai menarik dan relevan. Nah ruang ketiga baru paling asik, tentang Cheonggyecheon Restoration Project yang dimulai sejak era Walikota Lee Myung Bak tahun 2002. Ruangan keempat temanya 10 years setelah restoration, ngitungnya sejak tahun 2005 karena dibukanya tahun itu.

Betapa kampungnya dulu
Gue enjoy banget di museum ini karena gue sekarang tinggal di tempat yang super relevan dengan Cheonggyecheon. Gue ngelewatin tempat-tempat yang disebutkan, ngelihat langsung perbedaannya dari jaman ke jaman. Tapi buat non-resident mungkin ini kurang menarik karena Cheonggyecheon biasanya cuma terkenal 1km pertama. Ternyata ada lebih banyak cerita disana.

Gue lebih banyak ambil video daripada foto. So nanti gue update dengan video Cheonggyecheon Tour gue. :D

Selamat jalan-jalan!

No comments:

Post a Comment