Pages

Wednesday, November 30, 2016

Sumbangan ala Korea

Hari ini gue nemenin Bondan ngisi kartu transportasi di stasiun subway Korea University dan gue baru sadar ada boks di sebelah mesin rechargenya. Boks sumbangan lebih tepatnya.

Kotak sumbangan sosial ala sini
Gue awalnya tertarik karena tulisan '모금함' meski sebenernya gue sendiri gatau itu apa. Gue taunya '모금 운동' itu artinya kampanye galang dana. So dari situ plus ngelirik atasnya ada tulisan '기부캠페인' alias kampanye berdonasi, gue menyimpulkan ini kotak donasi.

Yang menarik, gue gak sempet ngezoom kenapa ada gambar brisket arang sama susu disitu. Gue udah jalan sama Bondan buat naik bis, eh gue liat hasil fotonya kurang jelas, sampe akhirnya muter balik lagi buat tau itu apa.



Nah ternyata bukan sekedar minta donasi uang. Tertulis 'Kampanye Berdonasi Tiket Subway Sekali Pakai' diatasnya, dengan sub-header 'dibandingkan refund 500 won, lebih baik disumbangkan untuk kebahagiaan yang lebih besar'.

Buat yang belum familiar, disini kalo pake tiket sekali pakai, ada deposit senilai 500 won. Kita bisa tebus balik di mesin refund yang ada di setiap stasiun.

Wah. Menarik. Mereka minta tiket sekali pakainya dimasukin aja, dan bahkan ga nyuruh kita buat refund dulu.

Tertulis nilainya juga. 1000 won bisa beliin 2 brisket arang buat orang tua yang gak punya rumah. 5000 won bisa beliin 10 pack susu buat anak-anak yang kelaparan dan 10,000 won bisa beliin makan 1 hari untuk remaja yatim piatu.

Dibawahnya tertulis juga sistem donasi mereka. Boks ini ada di stasiun kereta dan kantor pos seluruh Korea. Boleh juga donasi tunai, ga harus tiket subway. Kampanye bertajuk wujud nyata cinta ini ditujukan untuk membantu anak-anak, remaja, orang disabilitas, orang tua, keluarga miskin dan lain-lain.

Wah menurut gue sih idenya keren banget tapi kenapa ga pernah ada yang sadar ya? Atau gue yang terlalu iseng...

Ayo mulai berdonasi!

No comments:

Post a Comment