Pages

Tuesday, November 8, 2016

Seongbuk Sayang Orang Tua

Korea adalah negara yang populasi orangtuanya sangat besar. Populasi Korea dilihat dari data Kosis (website statistik Korea, super keren!) ada 51,67 juta orang dan 10 juta orang berusia diatas 60 tahun.

Dari bis Seongbuk 20

Makanya ada banyak banget program untuk lansia dan kebijakan-kebijakan soal pensiun. Nah, gue menemukan sign ini saat naik bis 'kecamatan' Seongbuk. Seongbuk adalah kecamatan dimana gue tinggal.

Tulisan disimbol hati artinya "Kota (dimana) orangtua bahagia, Seongbuk"
Line pertama "Kalau ditelpon, (perasaannya) senang"
Line kedua "Kalau disapa, (perasannya) senang"
Line ketiga "Kalau (datang) dicari, (perasaannya) senang"

Menurut gue ini dalem banget. Mayoritas orangtua, nyokap gue ga termasuk, kalo ditanya "Apa kabar?" pasti jawabannya positif atau netral dong karena gak mau bikin anaknya kepikiran. Tapi kadang karena dikasih jawaban monoton dan standar macam itu, anaknya suka gatau diri dan lupa bahwa orangtua seneng loh sekedar dikasih perhatian kecil semacam itu.

Meski ada banyak rumah jompo, ada lebih banyak lansia yang tinggal sendiri disini. Denger-denger karena gak mau nyusahin anak atau emang ditelantarin anaknya. Ya mungkin biasa aja karena mereka sehat dan tetep punya komunitas, tapi gue pernah ketemu nenek yang masuk UGD dengan dibawa 3 orang petugas 119 (semacam 911nya sini). Pas ditanya sama suster, "Dateng sendiri?
Dia jawab, "Iya"
Suster nanya lagi, "Tinggal sendiri?"
Nenek jawab, "Iya"
Terus susternya nanya, "Ga ada pendamping/guardian?"
Neneknya jawab dengan agak kesel, "Ga ada"

Sedih. Sedih liatnya karena gue aja sedih loh ke rumah sakit sendirian. Sedih juga hal sesimple ini harus dibuat campaign. Tapi inilah salah satu fenomena di Korea dan pemerintahnya (untung) sadar. Semoga orangtua makin bahagia dan disayang anak-anaknya jangan ditelantarin!

No comments:

Post a Comment